About

Blogger Banua merupakan Komunitas Blogger Kalimantan Selatan (KALSEL) yang pada awalnya dibentuk untuk menjadi wadah berkumpul sesama blogger di KALSEL melalui grup Blogger Banua di Facebook; baik yang berdomisili di Kalimantan Selatan maupun rekan nara blog yang berada di luar daerah.

Ide tentang komunitas blogger ini pertama kali terlontar ketika ada lomba/kompetisi blog di Banjarmasin. Lomba blog dengan nama “Banua Bazar Komputer” berlangsung di Duta Mall, Banjarmasin oleh Telkom Speedy (2011).

Mengapa dinamakan Blogger Banua?

“BANUA” dalam bahasa Banjar berarti suatu teritorial/wilayah/daerah yang terdiri dari gabungan beberapa kampung di Kalimantan Selatan. Sehingga, “Banua” dirasa sesuai dengan misi pertama sebagai tempat bersatunya -dalam hal ini- blogger di Kalimantan Selatan. Nama “Banua” ini juga terinspirasi dari event “Banua Bazar Komputer” di atas.

Pertemuan di kompetisi blog tersebut akhirnya membuahkan ide untuk membuat suatu Komunitas Blogger agar blogger di Kalimantan Selatan lebih mudah berkoordinasi dan berkomunikasi serta menjalin tali silaturahmi yang erat. Bukan tanpa halangan, beberapa kali ide komunitas blogger ini mengalami hambatan dalam pembentukannya. Sehingga, untuk mempermudah diskusi atas rencana pembentukan komunitas maka di buatlah Grup di Facebook.

Miftah Farid (Ayead) kemudian mengundang beberapa blogger yang dikenalnya. Tanggal 18 Maret 2011 grup tersebut dibuat. Ayead langsung searching ke sana ke mari melalui internet (Sosial Media, Forum, Blog dll) blogger aktif yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Alhamdulillah, saat ini (2015) grup Blogger Banua sudah semakin ramai. Rekan blogger yang masuk akan dengan sendirinya mengundang/invite rekan blogger yang dikenalnya untuk bergabung.

Dari Maret hingga Juli 2011 terdapat sekitar 90 orang lebih anggota yang bergabung. Saat ini sudah ribuan member yang ada di grup Blogger Banua.

Empat tahun berlalu sejak itu, beberapa kali perubahan kepengurusan komunitas terjadi. Demikian halnya dengan website-nya. Akhirnya, pada rapat November 2015 lalu, diputuskan untuk “memulai kembali” website yang baru di www.bloggerbanua.org.

VISI

Menjadi komunitas yang memiliki nilai manfaat dan mengangkat nama Kalimantan Selatan melalui media online

MISI

  1. Memperkenalkan blogger ke masyarakat luas khususnya di Kalimantan Selatan.
  2. Mempererat tali silaturahmi antar blogger baik di Kalimantan Selatan, nasional dan internasional.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam kegiatan yang positif.
  4. Memanfaatkan media online sebagai sarana untuk memperkenalkan potensi Kalimantan Selatan

——-

Terimakasih atas antusiasme dan sumbangsih rekan-rekan blogger di Kalimantan Selatan. Semoga dengan adanya Komunitas Blogger Banua akan semakin mempererat tali persaudaraan kita 🙂