Bagaimana Cara Cek Backlink Website? Berikut Ini Pembahasannya

Bagaimana Cara Cek Backlink Website? Berikut Ini Pembahasannya

Backlink adalah sebuah cara yang terbaik untuk membuat website anda menjadi lebih baik. Namun bagaimana cara cek backlink website? Secara umum, layanan cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan oleh anda. Nah, pada saat ini kami akan menjelaskannya dengan menggunakan Google Webmaster. Untuk pembahasannya yang seperti apa, maka anda dapat menyimak pada artikel berikut ini.

1. Mengetahui Tools Pada Google Webmaster

Cara cek backlink yang paling pertama adalah mencari tools yang ada di Google Webmaster. Dibawah inilah yang menjadi beberapa tools yang sangat penting dalam mengecek backlink website.

  • Akun Google (Webmaster).
  • Akun SEMrush.
  • SEOquake Browser Extension.

Anda belum memiliki sebuah akun SEMrush? Jika belum, maka anda dapat mendaftar dengan cara menggunakan suatu email yang aktif anda.

Langkah yang berikutnya adalah anda dapat memasang tools di SEOquake Browser Extension, lalu pergilah ke browser yang telah didukung dengan Safari, Opera hingga Mozila Firefox dan Google Chrome. Nah, pada saat itu, anda dapat mengetik “SEOquake” pada menu addons (Extension Browser), dan kemudian anda dapat mengklik instal. Untuk langkah yang berikutnya adalah anda bisa melakukan pencarian terhadap Google, lalu anda dapat melihat hasilnya.

2. Mengkaitkan SEMrush Analisis Dengan Google Webmaster

Nah, sebagai cara cek backlink yang selanjutnya adalah anda dapat mengkaitkan SEMrush analisis dengan Google Webmaster. Dimana ini bertujuan untuk melihat maupun menilai Trusted Score atau Domain Score secara langsung yang berasal dari Google Webmaster, terutama di backlink yang telah dimiliki oleh anda. Pada Google Search Console (Google Webmaster) serta di menus yang ada di sebelah kiri, anda bisa memilih Lalu Lintas Penelusuran > Tautan pada Situs Anda.

Kemudian anda bisa melihat tampilan dari daftar backlink yang sedang mengarah pada suatu website anda. Dalam mengkaitkan dengan SEMrush, dimana anda bisa mengklik “Connect” pada tulisan seperti Get Trust metrics with free SEMrush account > Connect.

Langkah yang selanjutnya adalah anda bisa masuk dengan cara menggunakan sebuah akun SEMrush. Dengan demikian, ini akan menampilkan daftar domain ataupun backlink yang sedang terarah di website anda. Bagi anda ingin melihat lebih banyak lagi, maka cobalah untuk mengklik “More”. Apabila tidak ada yang menjadi keinginan anda, maka untuk jalan alternatifnya adalah anda dapat menggunakan sebuah fitur seperti Disavow Links yang berasal dari Google Webmaster.

3. Cara Untuk Menggunakan Disavow Links pada Google Webmaster

Untuk cara menggunakan fitur Disavow Links, dimana anda bisa mendownload daftar link yang baru pada menu “Download latest links”. Lalu kemudian anda dapat menandakan link ataupun domain yang menjadi keinginan anda. Selanjutnya, anda bisa membuat sebuah file berekstensi yang berupa *.txt, masukkan domain/link yang sudah di tandai oleh anda.

Sebelum untuk melanjutkannya, anda harus ketahui kalau fitur tersebut akan berfungsi untuk membuat perubahan dari Algoritma Google.

Nah, selanjutnya anda bisa menyimpan dengan cara menggunakan name format anda. Setelah itu, anda bisa login di halaman Disavow Links, lalu pilihlah Properti situs > Disavow links. Posting format atau file anda tadi. Dan kemudian, anda dapat memilih “Submit”, lalu klik “Done”.

saraswati

Related Posts

Cara Upload Foto di Instagram Web tanpa Aplikasi

Cara Upload Foto di Instagram Web tanpa Aplikasi

Cara DM Instagram Di Chrome dengan Mudah

Cara DM Instagram Di Chrome dengan Mudah

Tips Dan Trik Social Media Break, Dijamin Bisa Berhasil

Tips Dan Trik Social Media Break, Dijamin Bisa Berhasil

Seberapa Pentingkah Social Media Content Plan?.. Simak Pembahasannya

Seberapa Pentingkah Social Media Content Plan?.. Simak Pembahasannya

Pilihan Redaksi