Ini Dia Cara Mengutip Dari Website Dengan Baik Dan Benar

Ini Dia Cara Mengutip Dari Website Dengan Baik Dan Benar

Apakah anda ingin mengutip dari website? Dalam cara mengutip dari website akan dibahas oleh kami dengan menggunakan tiga metode, yakni metode Chicago, MLA (Modern Language Association) dan juga motede American Psychologial Association. Nah, untuk cara-caranya anda dapat mengikuti beberapa cara-cara yang sudah dijelaskan seperti berikut ini.

Metode Chicago

  • Carliah Pemilik Website

Dalam mengutip sebuah referensi dari situs web, anda harus mencari tahu informasi dari pemilik website tersebut. Cantumkan nama dari pemilik website dengan cara menggunakan ejaan dan kapitalisasi yang biasanya digunakan di laman web yang akan dipakai oleh anda. Lalu kemudian anda dapat menambahkan tanda titik sesudahnya.

  • Cantumkan Judul dari Artikel ataupun Postingan

Jika sudah melakukannya anda dapat mencamtumkan judul yang lengkap pada tanda kutip. Cantumkanlah domain utama dari website, lalu anda dapat menambahkan URL artikel yang akan digunakan oleh anda untuk mengutip. Jika sudah maka anda dapat mencantumkan tanggal akses dibagian akhir dalam kurung.

Metode MLA atau Modern Language Association

  • Metode ini cukup berbeda juga dalam melakukan cara mengutip dari website dengan menggunakan metode yang ada diatas, dimana dibagian pertama dari metode ini anda akan mengisi tentang judul artikel kedalam tanda kutip. Namun pada umumnya anda dapat tambahkan tanda (.) titik sebelum menambahkan tanda kutip yang terakhir.
  • Sesudah anda menuliskan tentang judul, maka selanjutnya anda dapat mencantumkan nama dari laman situs web dengan menggunakan huruf cetak italic atau miring.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan informasi dari pemilik website. Dimana anda dapat menulis nama dari pembuatan artikel yang akan dikutip oleh anda. Usahakan tulis namanya dengan cara yang lengkap dan jangan dibalik seperti apa yang dilakukan pada buku.
  • Cantumkan juga informasi dari penerbitan, yakni dengan memakai format hari hingga bulan dan tahun.
  • Jangan khawatir apabila dalam artikel tersebut tidak memiliki informasi yang mengenai waktu. Dikarenakan, anda masih bisa mencantumkan tulisan dari “n.d” dibagian ini.
  • Selain itu, anda juga dapat mencantumkan tulisan “web” sehingga bisa memberitahu kalau bagian tersebut telah di kutip dari laman situs web.
  • Dibagian akhir anda dapat menambahkan tentang waktu dalam mengakses terhadap laman situs web tersebut.

Metode American Psychologial Association

  • Hampir setiap jasa pembuatan website murah dan profesional sering menggunakan metode ini saat melakukan cara mengutip dari website. Dalam hal ini, langkah yang pertama anda dapat mencantumkan judul yang berasal dari artikel atau dokumen yang akan di kutip tanpa harus menggunakan italic. Jika sudah, anda dapat menambahkan tanda titik sesudahnya.
  • Cantumkanlah informasi dari tanggal update terakhir dari artikel ataupun hak cipta yang ada di dalam tanda kurung.
  • Cantumakanlah laman web.
  • Untuk cara yang terakhir anda dapat mencantumkan artikel secara lengkap dari sebuah artikel yang ingin dikutip.

saraswati

Related Posts

Cara Upload Foto di Instagram Web tanpa Aplikasi

Cara Upload Foto di Instagram Web tanpa Aplikasi

Cara DM Instagram Di Chrome dengan Mudah

Cara DM Instagram Di Chrome dengan Mudah

Tips Dan Trik Social Media Break, Dijamin Bisa Berhasil

Tips Dan Trik Social Media Break, Dijamin Bisa Berhasil

Seberapa Pentingkah Social Media Content Plan?.. Simak Pembahasannya

Seberapa Pentingkah Social Media Content Plan?.. Simak Pembahasannya

Pilihan Redaksi