Sudah Tahu Fungsi Desain Grafis Logo bagi Perusahaan?

Sudah Tahu Fungsi Desain Grafis Logo bagi Perusahaan?

Sadar atau tidak, kita tidak bisa terlepas dari desain, mulai dari di jalan hingga media sosial. Semua itu adalah hasil dari desain grafis. Salah satu dari hasil desain grafis yang kerap ditemui adalah logo. Hampir setiap brand memiliki desain grafis logo sendiri-sendiri. Lantas, sebenarnya apa fungsi dari sebuah desain logo tersebut?

Fungsi Logo Bagi Perusahaan

  1. Alat marketing paling dasar

Fungsi pertama dari sebuah logo adalah sebagai alat untuk melakukan pemasaran yang paling dasar? Bagaimana bisa logo menjadi alat pemasaran? Caranya adalah sederhana. Logo memiliki ukuran yang kecil dan bisa diletakkan di berbagai tempat, bahkan di tempat yang kecil sekalipun, seperti mug, tas, jam, hingga pulpen.

Hal ini akan membuat orang-orang merasa tidak asing dengan sebuah brand karena sudah sering melihatnya, baik itu secara sadar maupun tidak sadar. Karena orang cenderung memiliki kemungkinan besar membeli produk yang mereka kenal daripada yang belum mereka kenal, maka penyebaran logo ini bisa meningkatkan angka penjualan.

  1. Menyampaikan visi dan identitas dalam sebuah gambar

Mendesain sebuah logo tidak bisa sembarangan. Harus ada filosofi dan makna tersendiri yang menyampaikan gagasan dari sebuah brand. Sebagai contoh, penggunaan logo bergambar ayam menyampaikan kepada masyarakat bahwa brand tersebut memiliki produk yang berbahan ayam. Contoh lainnya, perusahaan yang bergerak di bidang penulisan akan menggunakan logo bergambar pena atau kertas.

Tak heran jika Anda mengunjungi website beberapa brand yang sudah memiliki nama besar, pada bagian profil pasti akan ada penjelasan mengenai arti logo tersebut. Arti tersebut tidak akan berjauhan dengan visi misi dan identitas dari brand.

Itulah tadi dua fungsi utama sebuah logo bagi sebuah perusahaan atau brand. Yang jelas, logo merupakan sebuah identitas yang mewakili visi misi perusahaan tersebut. Sebenarnya masih banyak fungsi lain dari sebuah logo seperti praktis untuk melakukan penempatan sponsorship dan sebagai atribut dari seragam perusahaan. Karena pentingnya fungsi logo ini, banyak sekali jasa-jasa pembuatan logo yang mulai bermunculan.

saraswati

Pilihan Redaksi