Wisata Kuliner Yang Nikmat di Kalimantan Selatan

Sayur Asem Patin - Wisata Kuliner Kalimantan Selatan

Jika kita sedang berkunjung ke suatu daerah, maka selain kita bisa mengunjungi tempat wisata yang indah dan menjadi lokasi yang rekomended, maka kita pun harus dan wajib menikmati kelezatan aneka makanan daerah asal yang hanya bisa kita nikmati di tempat itu saja. Setiap daerah yang ada di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan, pastinya memiliki makanan khas yang enak, sehingga wisata kuliner Kalsel ini menjadi suatu keharusan yang wajib di lakukan. Menikmati kelezatan makanan khas Banjar di daerah asal, pastinya akan memberikan sensasi tersendiri dan juga kepuasan untuk diri kita.

Nah, ketika kamu sedang berada di Kalimantan selatan, maka kamu pun bisa melakukan wisata kuliner Kalimantan Selatan ini dan menikmati berbagai makanan khas di Banjarmasin ini. Apa saja sih makanan yang lezat yang bisa di nikmati ketika sedang berada di Kalimantan Selatan??? Berikut rekomendasi Blogger Banua untuk perjalanan wisata kuliner khas banjar yang bisa anda cicipi kelezatannya dan tentunya akan menggoyang lidah anda :
 

Soto Bang Amat

This slideshow requires JavaScript.

Banjarmasin adalah ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Di Banjarmasin ini anda bisa menikmati makanan khas dari daerah ini yakni soto dan juga sop banjar. Soto banjar dan juga sop ini memiliki citarasa makanan yang lezat dan di padukan dengan lontong sebagai teman untuk menikmati soto banjar atau pun sop ini. Racikan bumbu yang khas dan juga kuat ini menjadikan rasa yang lezat ketika soto beserta kuahnya masuk kedalam mulut. Salah satu tempat yang menjadi rekomendasi untuk menikmati soto banjar ini adalah soto Bang Amat yang terletak di bawah Jembatan Banua Anyar. Harganya masih sangat eknomis rasanya dan juga kuah kentalnya mampu menggoyang lidah anda.

 

Soto Susu Banjar

Soto Susu Banjar - Kalimantan Selatan

Soto biasanya di buat dengan campuran bumbu dan juga santan. Akan tetapi di Kalimantan selatan ini ada makanan khas Soto Susu Banjar yang lezat yang bisa anda coba nikmati. Soto susu banjar ini merupakan soto yang di beri isisan irisan daging ayam kampung dan di campur dengan mie putih dan di beri taburan daun seledri. Selelah itu, isian yang sudah di siapkan di dalam mangkuk ini segera di siram dengan kuah susu panas yang sudah di masak dan di beri bumbu rempah yang khas sehingga rasnya sangat lezat dan juga unik. Soto susu banjar ini bisa menjadi rekomendasi makanan yang bisa anda coba ketika anda ada di Kalimantan Selatan khususnya yang sedang ada di Banjarmasin.

Sate Tulang Banjar

Sate Tulang Banjar - Wisata Kuliner Kalsel

Nah, jika anda merupakan seseorang yang suka dengan sate, maka anda pun wajib mencoba menu sate unik yang ada di Kalimantan Selatan ini.Sate ini bernama Sate Tulang Banjar, sate tulang ini di buat dari daging ayam yang di ambil tulang mudanya dan di bakar dengan di olesi bumbu sate yang khas dari banjar. Rasanya unik dan juga sajiannya pun berbeda dari sate biasanya. Selain itu, anda pun akan merasakan sensai makan sate yang berbeda, karena anda harus lebih ekstra dalam mengunyak sate ini karena terbuat dari tulang muda ayam. Meskipun begitu, sate tulang banjar ini sangat enak dan bisa di jadikan sebagai rekomendasi untuk anda.

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan - Wisata Kuliner Kalimantan Selatan

Jika anda senang berwisata kuliner dan suka makanan yang berkuah kental dari santan, maka anda pun bisa mencoba makanan khas Kalimantan selatan yang bernama ketupat kandangan. Ketupat kandangan ini merupakan makanan khas Kalimantan selatan yang di buat pertama kali oleh masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Ketupat Kandangan ini hampir sama dengan ketupat opor yang biasa kita nikmati. Ketupat Kandangan ini di sajikan dengan irisan ketupat yang di belah dua lalu di siram dengan kuah santan kental lalu di beri taburan bawang goreng. Lauk yang dipakaipun khas kalsel, Iwak Haruan Babanam, alias ikan gabus yang di panggang. Dan yang paling membedakan ketupat kandangan ini dengan ketupat yang lainnya adalah cara makannya. Biasanya ketupat yang berkuah di santap dengan menggunakan sendok, akan tetapi di sini cara menyantap ketupat kandangan ini tidak menggunakan sendok, melainkan dengan menggunakan tangan.

Udang Bakar

Udang Bakar - Wisata Kuliner Kalsel

Nah, bagi anda yang suka makan dan suka sekali dengan makanan “seafood”, maka anda pun bisa mencoba menikmati udang bakar. Udang bakar khas Kalimantan selatan ini adalah udang yang yang di tangkap dari sungai bukan dari laut. Udang sungai yang di bakar ini di sajikan dengan bumbu khas yang lezat. udang sungai yang gurih dan di tambah dengan sajian bumbu yang lezat menjadikan makanan ini menjadi makana yang khas dan juga banyak di gemari. Jadi, jika anda berkunjung ke Kalimantan selatan ini, bisa menjaidkan udang bakar ini sebagai menu kuliner yang bisa di jadikan sebagai list makan yang wajib di coba.

Pepes Patin dan juga Ikan Patin Bakar

This slideshow requires JavaScript.

Patin memang merupakan jenis ikan yang banyak sekali di temukan di Kalimantan ini, maka dari itulah sudah tidak heran lagi jika di Kalimantan ini banyak sekali makanan khas yang terbuat dari ikan patin ini. Makanan yang banyak di sukai dan menjadi favorit di Kalimantan Selatan ini adalah pepes patin dan juga patin bakar. Pepes patin atau yang di Banjarmasin biasa disebut Pais Patin ini, merupakan makanan yang gurih dan juga bumbu yang meresap sehingga enak di santap dengan di damping oleh nasi putih hangat. Sedangkan untuk patin bakarnya, anda bisa menikmati kulit ikan yang kenyal serta bumbu yang meresap sehingga enak di santap. Dua makanan ini menjadi salah satu makanan yang banyak di cari oleh para wisatawan, sehingga anda wajib mencobanya ketika anda sedang berada di Kalimantan Selatan ini.

Itulah tadi 7 daftar makanan khas Banjar yang bisa anda coba ketika anda sedang berada di Kalimantan selatan. Tentu masih banyak lagi makanan dan wadai atau kue khas dari Kalimantan Selatan ini. Segudang makanan yang lezat dan juga unik khas Banjar wajib anda coba kelezatannya ketika anda sedang berkunjung ke Banjarmasin. Wisata kuliner Kalsel menjadi salah satu jenis wisata yang banyak dilakukan oleh sebagian orang yang menyukai makanan banjar dan “kaganangan” dengan beraneka kue khas yang ada di Kalimantan Selatan ini.

Bagi teman dan dingsanak yang ingin menambahkan rekomendasi wisata kuliner di Kalsel, baik tempat, makanan dan wadai atau kue khas Banjar lainnya, ulun tunggu komentar pian di bawah ini. Sementara menunggu masukan dari pian, ulun menyantap Apam Batil khas Kandangan ini dulu lah ^_^ #salim

Apam Serabi alias Apam Batil - Wisata Kuliner Kalsel

M.Februriyanto/EBO

16 thoughts on “Wisata Kuliner Yang Nikmat di Kalimantan Selatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments Protected by WP-SpamShield Spam Blocker