10 Cara Membuat Website Dengan HTML Yang Mudah

10 Cara Membuat Website Dengan HTML Yang Mudah

Bagaimana cara membuat website dengan HTML? Pada saat ini kami akan menjelaskan tentang cara-cara dalam pembuatan website dengan HTML. Umumnya, cara-cara untuk membuat website bisa dilakukan dengan mudah, hanya saja anda harus mengikuti beberapa langkah proses. Cobalah anda perhatikan langkah-langkah yang berikut ini.

  1. Awal mulanya dalam cara membuat website dengan HTML adalah anda harus membuka program yang berupa penyunting text. Jika anda menggunakan sebuah perangkat Windows, biasanya anda bisa memilih Notepad atau Notepad++. Apabila anda memakai MacOS, dimana anda dapat memilih ikon Spotlight, kemudian anda dapat mengetik tex edit. Jika sudah, maka anda dapat mengetuk 2x text tersebut.
  2. Bagi anda yang telah melakukannya, langkah selanjutnya anda dapat mengetik <!DOCTYPE html>, tekan ENTER jika berada di Notepad tersebut. Anda harus tahu bahwa perintah ini akan membuat peramban menjadi tahu kalau dokumen yang dibuka berupa dokumen HTML.
  3. Langkah yang selanjutnya adalah anda dapat menulis <html>, lalu anda dapat tekan tombol ENTER. Penanda yang seperti ini akan menjadi penanda pembuka kode HTML. Ketik <head>, lalu anda tekan ENTER untuk membuka segmen yang berasal dari kepala file/dokumen. Informasi maupun konten yang ada di segmen kepala HTML biasanya tidak bisa ditampilkan pada halaman web. Informasi yang ada sudah termasuk metadata, judul, style sheet CSS serta elemen dan juga bahasa skrip lainnya.
  4. Tuliskan <tittle>, hal ini akan membuat judul pada halaman yang sudah ada. Jika sudah, maka anda dapat masukkan judul untuk halaman. Anda bisa memasukkan judul apapunyang anda inginkan buat halaman situs web.
  5. Ketiklah </tittle>, lalu anda dapat menekan tombol ENTER di keyboard yang anda miliki. Perlu anda ketahui juga kalau penanda yang seperti ini mempunyai fungsi dalam menutup penanda judul.
  6. Tuliskan </head> kemudian tekan ENTER. Cara yang seperti ini akan dijadikan sebagai penutup segmen pada dokumen yang ada.
  7. Tekan ENTER dalam membuat baris yang baru, llau anda dapat mengetik <body>. Penanda yang seperti ini berfungsi agar bisa membuka segmen inti dokumen HTML. Jangan anda lupa untuk mengetik <h1> yang bertajuk pada dokumen HTML. Setelah itu anda dapat memasukkan tajuk halaman tersebut. Tekan </h1>, lalu anda dapat tekan ENTER.
  8. Bagi anda yang ingin membuka paragraf, maka anda bisa mengetik <P>, lalu anda masukkan beragam teks yang telah tersedia. Ketik </P> apabila anda ingin menutup dengan menekan ENTER.
  9. Selanjutnya anda bisa rubah format file menjadi file tex yang polos secara memilih opsi format dibagian atas layar. Dan kemudian pilihlah Make Plain Text pada menu drop-down.
  10. Bagi anda yang sudah melakukannya, maka cara yang paling terakhir adalah anda dapat menyimpannya dengan mengklik Save As, lalu masukkan nama dokumen HTML tersebut dengan anda ketik nama yang sesuai keinginan anda.

Dengan demikian pembahasan kita yang mengenai cara membuat website dengan HTML, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika anda ingin mencari referensi artikel yang menarik lainnya, anda dapat membaca artikel kami contoh desain web.

saraswati

Related Posts

Tips Pilih Jasa Pembuatan Website Murah

Tips Pilih Jasa Pembuatan Website Murah

Apa Perbedaan Web Page dan Web Site?

Apa Perbedaan Web Page dan Web Site?

Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Jumlah Backlink Blog

Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Jumlah Backlink Blog

Cara Mengetahui Backlink Spam agar Kualitas Web Tetap Terjaga

Cara Mengetahui Backlink Spam agar Kualitas Web Tetap Terjaga

Pilihan Redaksi