4 Website untuk Belajar Coding secara Gratis

4 Website untuk Belajar Coding secara Gratis

Banyaknya pihak yang ingin membuat website, mengakibatkan programmer atau developer website semakin banyak dicari. Sayangnya, SDM yang bisa melakukan programming tidak banyak. Karena hal tersebut, tidak sedikit yang mencoba menaikkan kemampuan programming lewat website untuk belajar Coding.

Lewat tutorial gratis di situs berikut ini, anda bisa perlahan membuat website seperti untuk menyampaikan informasi terkait cara mengutip dari website.

  • CodeCademy

Tidak diragukan lagi bahwa Codecademy menjadi salah satu website yang pas untuk belajar coding bahkan untuk tingkat pemula hingga profesional sekalipun. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa pokok bahasan bahasa pemrograman. misalnya PHP, HTML, CSS, Javascript, Python, Ruby, jQuery hingga bahasa yang lainnya.

4 Website untuk Belajar Coding secara Gratis
4 Website untuk Belajar Coding secara Gratis

Anda bisa juga meningkatkan kemampuan secara bertahap dengan mulai dari dasar terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami bahasa pemrograman tersebut terutama jika Anda ingin lebih ekspert dari yang sekarang ini.

  • Courser

Situs ini menawarkan banyak tutorial yang bisa Anda akses secara gratis. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan resource yang diajarkan langsung oleh profesor yang sudah ekspert. Ini karena Coursera sudah bekerjasama dengan beberapa guru terbaik yang berasal dari Universitas ternama.

Selain IoT Programming, ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari di website untuk belajar coding ini:

  • Phyton.
  • Java.
  • CSS.
  • HTML.

Walaupun Anda bisa belajar bahasa pemrograman secara gratis di website ini, namun, jika Anda ingin mendapatkan sertifikat, maka Anda harus membayar sejumlah biaya terlebih dahulu. Keunggulannya, jikapun Anda ingin melamar pekerjaan, Anda bisa mencantumkan sertifikat berikut ini sebagai nilai plus.

  • Udemy

Udemy memiliki berbagai macam tutorial yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. misalnya Anda yang ingin fokus ke pembuatan website, Anda bisa memilih web development. Sedangkan untuk fokus di game, bisa memilih game development. Jika Pun ingin ke pembuatan marketplace, bisa memilih e-commerce site creation.

Namun, sebagai catatan adalah, tidak semua materi yang disediakan tersebut gratis. Untuk jenis materi tertentu, Anda tetap akan dibebankan biaya tersendiri. Karena hal tersebut, cek lebih dahulu apakah tutorial yang Anda ikuti tersebut gratis atau tidak.

  • MIT OpenCourseWare

Seperti yang diketahui MIT merupakan salah satu universitas top di dunia. Untuk menjadi seorang programmer yang handal, Anda tidak perlu menjadi mahasiswa di MIT karena hal tertentu. Namun, Anda bisa mengunjungi MIT OpenCourseWare.

Di website ini, Anda bisa mengakses materi yang di share. Bahkan Anda juga bisa mengambil kursus untuk meningkatkan kemampuan Anda. namun, perhatikan ya apakah ada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk kursus tersebut.

Itulah pilihan website untuk belajar coding secara gratis yang bisa Anda akses. Beberapa diantara tetap membebankan biaya untuk layanan tertentu sehingga Anda perlu teliti sebelum mengambil layanan pembelajaran yang disediakan.

saraswati

Related Posts

5 Website untuk Belajar Online agar Ahli Memasak

5 Website untuk Belajar Online agar Ahli Memasak

Ini Dia Cara Mengutip Dari Website Dengan Baik Dan Benar

Ini Dia Cara Mengutip Dari Website Dengan Baik Dan Benar

Website Down? Ini Dia Cara Cek Website Down

Website Down? Ini Dia Cara Cek Website Down

Edit Video Online Tanpa Watermark

Edit Video Online Tanpa Watermark

Pilihan Redaksi