Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Jumlah Backlink Blog

Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Jumlah Backlink Blog

“Eh, kira-kira berapa ya jumlah backlink yang sekarang aku miliki?” Pernah bertanya-tanya seperti itu?  Jika iya, maka cara cek jumlah backlink blog perlu kamu coba.

Dengan mengetahui jumlah backlink blog, Anda bisa mengukur seberapa banyak backlink yang ternyata sudah dipasang. Serta apakah backlink tersebut efektif atau memang perlu untuk dihapus agar kualitas website tetap terjaga?

Point Penting sebelum Cek Jumlah Backlink

Sebelum Anda mengecek berapa banyak jumlah backlink yang dimiliki, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Beberapa diantaranya, yaitu:

Tidak ada tools yang 100% akurat menghitung berapa banyak jumlah pasti dari backlink setiap website. Jadi, bisa saja ada perbedaan jumlah backlink yang Anda peroleh.

Jangan mengecek terlalu cepat atau terlalu sering, misalnya sehari sekali. Google butuh waktu untuk melakukan indexing dan biasanya butuh waktu sekitar 1 bulan.

Coba cek jumlah kompetitor Anda untuk perbandingan dan agar Anda tidak kalah saing dengan kompetitor.

Tools untuk Mengecek Jumlah Backlink

Cara cek jumlah backlink blog bisa diketahui dengan menggunakan tools. Tools ini bisa tools gratis seperti Google Search Console, bisa juga tools berbayar.

Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Jumlah Backlink Blog
Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Jumlah Backlink Blog

(baca: cara cek backlink website

  • Google Search Console

Google Search Console atau yang dulunya dikenal dengan Google Webmaster tools menjadi salah satu tools yang wajib kamu gunakan.

Kenapa? Karena di tools ini dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Salah satunya adalah fitur link yang memungkinkan Anda untuk mengecek tautan pada website, backlink atau internal links.

Untuk menggunakan tools ini, maka Anda harus login atau memiliki akun lebih dahulu di Google Console.

Jika sudah, maka Anda harus masuk ke akun Anda. Pastikan website yang Anda cek sudah benar yaitu website miliki Anda. Kemudian, klik links yang ada di kiri bawah.

Setelah itu, Anda bisa melihat berapa banyak jumlah link yang berkaitan dengan website Anda. Untuk jumlah backlink, Anda bisa cek di bagian external link.

Di bagian eksternal link tersebut, Anda bisa mengecek jumlah, backlink populer bahkan situs apa saja yang memberikan backlink untuk Anda.

  • Ahref

Ahref merupakan salah satu tools premium yang banyak digunakan untuk mengecek backlink. Baik jumlah hingga informasi detail seperti anchor text yang digunakan.

Untuk menggunakan Ahref, Anda perlu masuk ke akun ahref. Sebenarnya, Anda bisa saja menggunakan yang gratis, tapi hasilnya tidak akan efektif dan akurat.

Setelah masuk ke dashboard, Anda bisa memilih site explorer dan copy paste website Anda di kolom tersebut. Nantinya di bagian “backlinks” akan muncul berapa jumlah backlinks yang website Anda miliki.

Ahrefs bisa juga digunakan untuk cek backlink website lain, misalnya competitor lho!

Itulah beberapa cara cek jumlah backlink blog yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menggunakan cara gratis maupun berbayar. Semua keputusan, kembali lagi pada Anda. See ya!

saraswati

Related Posts

Tips Pilih Jasa Pembuatan Website Murah

Tips Pilih Jasa Pembuatan Website Murah

Apa Perbedaan Web Page dan Web Site?

Apa Perbedaan Web Page dan Web Site?

Cara Mengetahui Backlink Spam agar Kualitas Web Tetap Terjaga

Cara Mengetahui Backlink Spam agar Kualitas Web Tetap Terjaga

10 Cara Membuat Halaman Utama Web Dengan PHP

10 Cara Membuat Halaman Utama Web Dengan PHP

Pilihan Redaksi